Bogor day trip

Day trip kali ini berawal dari rasa penasaran akan satu kampung di Bogor. Setelah acara Helaran yang lalu hal ini saya omongin ke Anggie, member NGI Forum yang menemani kita; saya, Qanta, Edy, Dani sama Intan nonton Helaran di Bogor kalau kita bakalan jalan lagi menyusuri satu kampung. Jadi akhir Juni yang lalu kita jalan ke Bogor lagi, kali ditambah dua orang teman Anggie.
Berangkat pagi dari rumah biar sampai jam 07:00 di St. Tanjung Barat, setelah parkir motor saya ketemu Qanta dan Intan, 2 teman jalan kali ini. Langsung kita bergegas beli tiket dan naik KRL Bogor, ementara 2 teman lain Dani dan Edy berangkat dari St. Cikini, sementara 3 temen lain, Anggie dkk. menunggu di Taman Topi depan St. Bogor.



Tiba di Bogor, setelah menunggu temen yang naik dari St. Cikini sambil nyarap bubur, kita bergegas mencari angkot menuju titik masuk ke Kampung Pulo Geulis di belakang Kebun Raya. Pulo Geulis ini merupakan kampung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung yang sangat padat penduduk. Lebih tepat disebut delta daripada pulau di tengah sungai.
Di Pulo Geulis, terdapat sekitar 535 Kepala Keluarga terbagi dalam 5 Rukun Tetangga. Pulo Geulis terletak di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, sebenarnya adalah nama sebuah pulau kecil di tengah Sungai Ciliwung di kota Bogor, tepatnya di sebelah selatan Kebun Raya Bogor.


Kita masuk di gang tepat di pinggir Sungai Ciliwung di belakang Kebun Raya. Padatnya kampung sudah terasa semenjak masuk di wilayahnya. Setelah lewat gang dan beberapa rumah, tampaklah jembatan besi melintasi sungai sebagai titik masuk kita pagi itu. Diseberang jembatan kepadatan rumah jauh lebih tinggi dibanding kampung sekitarnya dan hanya dibelah gang atau jalan kecil yang cukup bagi motor dan gerobak tukang sayur saja.
Pintu rumah langsung ke gang depan tanpa teras yang cukup bahkan ruang dan bidang bangunan yang tersedia pun dimanfaatkan untuk area duduk, bermain, dagangan, jemuran bahkan parkir motor. Cukup sedikit ruang terbuka saat ini yang tersisa, semua terisi bangunan satu sampai dua lantai. Sampai ketika ada kegiatan panggung pertunjukan kesenian sekolah pun diadakan di tengah jalannya yang sempit.





Pulo Geulis ini sangat padat penduduknya. Dengan luas wilayah sekitar 3,5 hektare, Pulo Geulis dihuni oleh kurang lebih 2.500 jiwa; dengan kata lain kepadatannya sekitar 700 jiwa per hektare.
Penduduk Pulo Geulis kebanyakan berasal dari suku bangsa Sunda dan Tionghoa. Tempat ini agaknya telah dihuni orang semenjak ratusan tahun silam. Di tengah pulau ini terdapat sebuah kelenteng tua bernama Vihara Mahabrahma yang dibangun pada abad ke-18, yang diyakini sebagai kelenteng pertama di Bogor. Karen orde baru kelenteng ini ‘menjelma’ menjadi vihara Meskipun kecil dan kurang terpelihara, Vihara Mahabrahma ini merupakan rumah ibadah yang dianggap penting di Bogor, yang selalu disertakan dalam upacara perayaan Imlek di Kota Bogor. Multi kultur di rumah ibadah ini ada dikarenakan keberadaan petilasan kuno didalamnya
Menurut Bu Icih, yang besar dan lahir di Pulo Geulis, dulunya kampung ini tidak seramai dan sepadat sekarang ini. Tetapi memang sudah ada sejak dulu, awalnya sempat disebut Pulo Bangke karena konon katanya tempat pembuangan bangkai di jaman penjajahan dan perang kemerdekaan. Sekarang selain warga asli banyak juga warga pendatang dan penyewa yang tinggal di Pulo Geulis ini.





Di kampung ini hanya terdapat empat jembatan sebagai titik masuk dan keluar yang menjadi akses sirkulasi. Hanya terbatas pejalan kaki dan motor yang dapat masuk ke kampung dengan gang paling lebar 2 m ini. Dan tidak semuanya dapat dilalui motor, satu jembatan tepatnya yang terletak di daerah belakang Terminal Barangsiang.
tepat setengah hari kita berkeliling menyusuri gang Pulo Geulis, walaupun belum setiap jengkalnya kita lihat namun kesan tempat ini begitu mendalam buat saya. Ada satu ‘hidup’ yang menarik dari kampung ini, yang membuat saya berpikir untuk kembali satu saat melihat lebih dalam lagi.

This slideshow requires JavaScript.

© 2011 by ary hartanto

6 thoughts on “Bogor day trip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s